Perumahan Mewah Makin Berkembang…., Lahan Sawah Makin Berkurang

Pesatnya kemajuan Bekasi sebagai kota penyangga ibukota berdampak kepada perkembangan lingkungan. Penduduk Bekasi terus meningkat, maka kebutuhan rumah tinggal juga terus meningkat. Sepuluh tahun terakhir ini Bekasi mengalami perkembangan perumahan yang signifikan. Yaitu dengan munculnya developer pengembang perumahan, kavling dan properti di  Bekasi hingga ke pelosok.

Sawah di pinggiran perumahan mewah Grand Wisata dekat Mustikajaya. Masih tersisa beberapa petak setelah dibangun perumahan besar terssebut. Tidak menutup kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan sawah ini sudah tidak ada lagi.

 

Di dekat awah terlihat tanah urug hasil galian saluran. Ada kemungkinan akan di bangun rumah atau ruko di tempat itu. Berarti sawah yang sudah sedikit akan habis total…..!

Lahan sawah sempit ini bisa dipatikan dalam beberapa bulan kedepan sudah diurug dan berubah menjadi perumahan. Jika ini terus menerus terjadi sepanjang puluhan tahun dan tidak ada peningkatan di bidang pertanian maka kebutuhan beras bisa terpengaruh.

Mungkin perlu bimbingan pertanian, intensifikasi pertanian maupun diversifikasi pertanian agar Indonesia jangan sampai kekurangan pangan.

Ironis sekali jika Indonesia yang tanahnya luas subur makmur…tapi harus import beras dari Vietnam dan China.  Apa yang salah dengan Bangsa ini…..?

Saya sebagai rakyat kecil hanya bisa berharap kepada wakil rakyat dan para penguasa….pemerintah dan jajarannya….semoga lebih memperhatikan kepada masa depan Bangsa Indonesia.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s