Sungai Penahan Banjir di Mutiara Gading Timur

Sungai sebagai saluran air pada sebuah perumahan sangat penting keberadaannya. Dengan adanya saluran air yang memadai maka tidak akan terjadi banjir yang melanda hingga ke rumah warga. Kalau ada hujan lebat paling-paling hanya sebentar air menggenang …. lalu surut dan mengalir ke saluran atau sungai yang lebih besar.

Sayang sekali sungai ini masih menjadi pembuangan limbah sehingga air menjadi hitam dan tercemar. Tidak ada ikan yang bisa hidup di air tercemar seperti ini. Ini memang masalah yang sudah sangat umum terjadi di setiap kota, apalagi kota dengan penduduk padat dan kota industri. Lebih berbahaya lagi jika ada limbah pabrik yang berbahay bagi kesehatan warga sekitar sungai.

Air Sungai di Perumahan Mutiara Gading. Di saat surut air nampak hitam dan alirannya lambat. Sehingga jika ada sampah yang nyangkut dipinggiran sungai lama-lama banyak.

Mungkin pihak-pihak terkait perlu memikirkan hal ini. Bisakah seandainya air limbah sebelum masuk ke aliran sungai di olah dulu dalam sebuah situ atau danau penampungan dan pengolahan air. Dibuat mesin dengan bahan yang memfilter air kotor dan mendaur ulang air limbah menjadi jernih. Setelah jernih bari dialirkan ke sungai sehingga di sungai tetap ada kehidupan ikan-ikan. Air sungai yang jernih juga akan bisa dimanfaatkan untuk pertanian yang masih ada di sekitar lokasi. Masih ada di Bekasi orang yang menanam padi dan sayur-sayuran. Tentu membutuhkan air dan semestinya bukan air sungai yang sudah hitam.

Sungai di Mutiara Gading – Bekasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s