Sungai Kalimalang, Suplai Kebutuhan Air Minum Penduduk Jakarta dan Sekitarnya

Kalimalang adalah sebuah kali atau sungai buatan yang sengaja dibuat untuk menyuplai air ke PDAM yang diperuntukkan bagi masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya.

Sumber air baku Kalimalang ini berasal dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta, tepatnya berasal dari aliran Sungai Citarum. Adapun bagian hulu sungai Kalimalang ini, berasal dari salah satu percabangan Bendungan Curug. Bendungan Curug tersebut terletak di desa Curug Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Bendungan Curug ini terbagi kedalam 2 saluran induk irigasi, yaitu Saluran Induk irigasi Tarum Barat dan Saluran Induk irigasi Tarum Timur yang melintasi Kabupaten Subang dan bermuara di sungai Cipunegara Subang (Perbatasan Subang dan Indramayu). Nama asli dari sungai Kalimalang ini adalah Saluran Induk Irigasi Tarum Barat. Sungai Kalimalang atau Saluran Induk Irigasi Tarum Barat ini mengalir menelusuri Bendungan Curug Klari Karawang, Cikarang, Cibitung, Tambun, Kota Bekasi, dan Jakarta Timur.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kalimalang

20170517_085635

Yang jelas keberadaan Kali Malang sangat bermanfaat untuk pengadaan air minum. PDAM Bekasi dan Jakarta mengolah air dari kalimalang ini dan selanjutnya di ditribusikan kepada penduduk yang menggunakan air PAM.

Kebersihan air kali Malang ini elalu dijaga. Tidak boleh ada limbah yang masuk ke sungai kali Malang ini. Tepian kali di berikan dinding dari beton sehingga nampak rapi. Meskipun ini belum semuanya. Bagian yang belum di beri beton sering ada pengendapan dan tumbuh rerumputan dan pohonan air. Sehingga sungai menjadi sempit.

Di dekat Kampus Unisma sungai Kali Malang digunakan oleh mahasiswa untuk latihan mendayung. Kegiatan olah raga mahasiswa dilaksanakan oleh Mahasiswa Kampus Unisma yang berada persis di sebelah kali Malang ini.

Saya sendir berharap bahwa Kalimalang ini menjadi wahana yang serbaguna. Yang utama untuk sumber air PAM, untuk sarana olah raga, pengendalian banjir dan menjadi pemandangan yang indah.

Sepanjang sisi sungai Kalimalang ada Jalan Inspeksi Kalimalang Jalan panjang dari Teluk Jambe Karawang, Bekasi hingga Halim Perdanakusumah Jakarta. Jalan Kalimalang ini merupakan jalur akses utama Jakarta-Bekasi selain jalan tol. Sering terjadi kemacetan sepanjang jalur ini….namun sekarang sudah diperlebar dan lebih memadai.

Sekarang sudah ada jalan tol Jakarta Cikampek dan jalan tol BecaKayu yang akan mengurangi kemacetan di Jalan Ispeksi Kalimalang.

Nah sekarang kita tahu bahwa Sungai Kalimalang adalah sumber utama air PAM penduduk Jakarta dan sekitarnya. Maka mari kita jaga bersama kebersihan Kalimalang.

Salam….!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s